Awal
munculnya robot dapat diketahui dari bangsa Yunani kuno yang membuat
patung yang dapat dipindah – pindahkan. Sekitar 270 BC, Ctesibus,
seorang insinyur Yunani membuat organ dan jam air dengan komponen yang
dapat dipindahkan. Zaman Nabi Muhammad SAW pun, telah membuat mesin
perang yang menggunakan roda dan dapat melontarkan bom.
Pada
tahun 1770, Pierre Jacquet Droz, seorang pembuat jam berkebangsaan swiss
membuat 3 boneka mekanis. Uniknya, boneka tersebut dapat melakukan
fungsi spesifik, yaitu dapat menulis, yang lainnya dapat memainkan musik
dan orgen, dan yang ketiga dapat menggambar.
Pada
tahun 1898, Nikola Tesla membuat sebuah boat yang dikontrol melalui
radio remote control, dan didemokan di Madison Square Garden. Namun
usaha untuk membuat autonomus boat tersebut gagal karena masalah dana.
Pada
tahun 1967, Jepang yang pada saat itu merupakan negara yang baru
bangkit, mengimpor robot dari Versatran dari AMF. Awal kejayaan robot
pada tahun 1970, ketika Profesor Victor Scheinman dari Universitas
Stanford mendesain lengan standar. Saat ini, konfigurasi kinematikanya
dikenal sebagai standar lengan robot. Terakhir, pada tahun 2000 Honda
memamerkan robot yang dibangun bertahun – tahun lamanya bernama Asimo,
serta disusul oleh Sony yaitu robot anjing Aibo.
DI JEPANG
Karakuri
ningyo, merupakan istilah Jepang yang berarti boneka mekanik atau
automata, ditemukan pada abad ke-18 dan 19 Masehi. karakuri berarti
"peralatan mekanik untuk permainan, hiburan, atau memberikan kejutan",
sehingga dapat dikatakan bahwa dalam karakuri terkandung hal-hal magis
atau elemen misteri, sedangkan ningyo berarti "orang dan bentuk"
(tertulis dalam dua huruf kanji). dengan demikian dapat dikatakan
sebagai boneka atau patung.
Karakuri dapat dibagi menjadi tiga tipe utama yakni:
1. Butai karakuri (stage karakuri), digunakan untuk keperluan dunia teater
2.
Zashiki karakuri (tatami room karakuri), merupakan tipe karalkuri
berukuran kecil dan digunakan sebagai elemen dekorasi ruangan
3.
Dashi karakuri (festival car karakuri), digunakan dalam acara atau
festival keagamaan, dengan menampilkannya mitos-mitos tradisional atau
legenda-legenda Bangsa Jepang.
Ketiga
jenis karakuri tersebut dinilai telah memberikan pengaruh besar bagi
perkembangan dunia teater Jepang seperti Noh, Kabuki, Bunraku.
berawal
dari diciptakannya boneka mekamik karakuri Yumi-hiki doji (pemanah
muda) karya Tanaka Hisashige (1799-1881), yang dibuat pertama kali pada
akhir zaman Edo (awal tahun 1800-an), dengan menggunakan bantuan benang
dan mekanisme mirip kerja timer atau pewaktu, dibantu dengan pegas
sehingga dapat menembakan empat anak panah pada sasaran dengan sangat
ekspresif layaknya pemanah manusia dalam kyudo (olahraga panahan).
beberapa gerakan mekanik karakuri pada masa itu berasal dari mekanisme
sederhana, seperti pegas, tali, roda gigi, hingga pemangfaatan beban
merkuri (air raksa), air, maupun pasir.
Dewasa ini, karakuri pun berkembang menjadi:
1. Matsuri karakuri, digunakan untuk keperluan festival
2. Kogyo karakuri, digunakan untuk keperluan hiburan seperti pertunjukan boneka
3. Zashiki karakuri, digunakan untuk keperluan dekorasi (elemen dekoratif) dalam ruangan.
Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa perkembangan robotika Jepang saat ini
bagaikan pepatah "Manifestasi impian atau harapan dari suatu bangsa
yang ada saat ini merupakan cerminan impian atau harapan dari para
pendahulunya".
Tambahan Dari WIki
Robot
adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik
menggunakan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program
yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan). Robot
biasanya digunakan untuk tugas yang berat, berbahaya, pekerjaan yang
berulang dan kotor. Biasanya kebanyakan robot industri digunakan dalam
bidang produksi. Penggunaan robot lainnya termasuk untuk pembersihan
limbah beracun, penjelajahan bawah air dan luar angkasa, pertambangan,
pekerjaan "cari dan tolong" (search and rescue), dan untuk pencarian
tambang. Belakangan ini robot mulai memasuki pasaran konsumen di bidang
hiburan, dan alat pembantu rumah tangga, seperti penyedot debu, dan
pemotong rumput.
[sunting] Perkembangan sekarang
Ketika
para pencipta robot pertama kali mencoba meniru manusia dan hewan,
mereka menemukan bahwa hal tersebut sangatlah sulit; membutuhkan tenaga
penghitungan yang jauh lebih banyak dari yang tersedia pada masa itu.
Jadi, penekanan perkembangan diubah ke bidang riset lainnya. Robot
sederhana beroda digunakan untuk melakukan eksperimen dalam tingkah
laku, navigasi, dan perencanaan jalur. Teknik navigasi tersebut telah
berkembang menjadi sistem kontrol robot otonom yang tersedia secara
komersial; contoh paling mutakhir dari sistem kontrol navigasi otonom
yang tersedia sekarang ini termasuk sistem navigasi berdasarkan-laser
dan VSLAM (Visual Simultaneous Localization and Mapping) dari ActivMedia
Robotics dan Evolution Robotics.
Ketika
para teknisi siap untuk mencoba robot berjalan kembali, mereka mulai
dengan heksapoda dan platform berkaki banyak lainnya. Robot-robot
tersebut meniru serangga dan arthropoda dalam bentuk dan fungsi. Tren
menuju jenis badan tersebut menawarkan fleksibilitas yang besar dan
terbukti dapat beradaptasi dengan berbagai macam lingkungan, tetapi
biaya dari penambahan kerumitan mekanikal telah mencegah pengadopsian
oleh para konsumer. Dengan lebih dari empat kaki, robot-robot ini stabil
secara statis yang membuat mereka bekerja lebih mudah. Tujuan dari
riset robot berkaki dua adalah mencapai gerakan berjalan menggunakan
gerakan pasif-dinamik yang meniru gerakan manusia. Namun hal ini masih
dalam beberapa tahun mendatang.
Masalah
teknis lain yang menghalangi penerapan robot secara meluas adalah
kompleksitas penanganan obyek fisik dalam lingkungan alam yang tetap
kacau. Sensor taktil dan algoritma penglihatan yang lebih baik mungkin
dapat menyelesaikan masalah ini. Robot Online UJI dari University Jaume I
di Spanyol adalah contoh yang bagus dari perkembangan yang berlaku
dalam bidang ini.
Belakangan
ini, perkembangan hebat telah dibuat dalam robot medis, dengan dua
perusahaan khusus, Computer Motion dan Intuitive Surgical, yang menerima
pengesahan pengaturan di Amerika Utara, Eropa dan Asia atas
robot-robotnya untuk digunakan dalam prosedur pembedahan minimal.
Otomasi laboratorium juga merupakan area yang berkembang. Di sini, robot
benchtopdigunakan untuk memindahkan sampel biologis atau kimiawi antar
perangkat seperti inkubator, berupa pemegang dan pembaca cairan. Tempat
lain dimana robot disukai untuk menggantikan pekerjaan manusia adalah
dalam eksplorasi laut dalam dan eksplorasi antariksa. Untuk tugas-tugas
ini, bentuk tubuh artropoda umumnya disukai. Mark W. Tilden dahulunya
spesialis Laboratorium Nasional Los Alamos membuat robot murah dengan
kaki bengkok tetapi tidak menyambung, sementara orang lain mencoba
membuat kaki kepiting yang dapat bergerak dan tersambung penuh.
Robot
bersayap eksperimental dan contoh lain mengeksploitasi biomimikri juga
dalam tahap pengembangan dini. Yang disebut "nanomotor" dan "kawat
cerdas" diperkirakan dapat menyederhanakan daya gerak secara drastis,
sementara stabilisasi dalam penerbangan nampaknya cenderung diperbaiki
melalui giroskop yang sangat kecil. Dukungan penting pekerjaan ini
adalah untuk riset militer teknologi pemata-mataan.
Jadi bagi siswa SMAN 1 Geger yang tertarik untuk mengembangkan robot silahkan saja, asal yang bermanfaat bagi manusia bukan yang merusak sarana dan merugikan banyak orang.
0 comments:
Post a Comment
=== Diperbolehkan berkomentar asal tidak menyangkut SARA (Suku, Agama, Ras, Golongan) dan harus sesuai dengan tata krama ===
Ttd
Admin