Halo Sobat ! | Members area : Register | Sign in

Roy Tanck's Flickr Widget requires Flash Player 9 or better.

Saturday, April 6, 2013

Kegiatan Belajar Mengajar di SMAN 1 Geger


Kegiatan belajar mengajar merupakan aktivitas pokok disuatu lingkungan sekolah. Kegiatan ini tidak dapat ditinggalkan dengan alasan apapun dan dalam kondisi bagaimanapun, kecuali dengan alasan yang amat sangat mendesak.
 Terutama di SMAN 1 GEGER ini kegiatan belajar mengajar disini sangatlah terorganisir dengan baik, tertib, disiplin dan efektif. Kedisiplinan dari KBM di SMA ini sangat diutamakan. Ketetapan waktu dan pemanfaatannya pun sangat diperhatikan. Sehingga jarang terjadi jam kosong. Ini semua dapat terlaksana dengan baik juga tak lepas dari komitmen dari pengajar dan keinginan serta tekad bulat yang dimiliki oleh siswa SMA ini.
KBM di SMA Negeri 1 Geger ini bersifat interaktif, jadi menerapkan pembelajaran dengan berbagai macam sarana atau model, seperti presentasi, keja kelompok, menganalisa masalah, dan lebih menekan keaktifan siswa dari pada pengajar, serta menuntut siswa untuk pro aktif dengan kejadian di lingkungannya.
Didalam kegiatan ini khususnya di SMA ini, seorang pengajar benar – benar memperhatikan siswa dari sisi kepahlawanannya dalam menerima pelajaran. Peran sebagai teman dari seorang pengajar juga merupakan factor penting atau utama dalam KBM ini. Praktikim yang tidak hanya monoton pada ssebuah hal yang sering dilakukan tetapi juga praktik di kehidupan masyaratkat disekeliling siswa membuat KBM lebih bisa dinikmati oleh siswa seperti pemisahan sebuah atom dengan alat peraga siswa. Selain itu kreaktifitas dari siswa juga sering diasah, sehingga bakat yang dimiliki siswa dapat tereksplor dengan baik, seperti berakting, menulis atau mengarang cerita dalam sebuah film.
KBM di SMA ini tidak hanya memberikan ilmu semata, namun juga bagaimana penerapan dari ilmu tersebut dalam kehidupan sehari – hari. KBM juga tidak hanya mengarah pada sebuah teori tetapi juga praktik di lapangan yang benar – benar tersusun dengan rapi. Pengajar yang memiliki komitmen yang kuat dalam mengajar juga memberikan motivasi untuk semua siswa untuk selalu rajin belajar dan juga berlatih soal. KBM juga sering diawali dengan motivasi – motivasi yang diberikan oleh seorang pengajar kepada siswa, pemberian informasi tentang tujuan hidup, berbagai pengalaman yang semakin menambah semangat siswa.
Kesetiaan seorang pengajar mengiringi langkah kaki siswa dalam menjelajahi dunia, dilakukan dalam setiap KBM yang berlangsung. Saran, nasihat dan segala bentuk pujian diberikan secara terbuka kepada semua siswa. KBM setiap guru berbeda – beda. Terkadang visi guru dan minat siswa berbeda, seorang guru yang ingin keseriusan disetiap pembelajarannya, namun siswa yang ingin dalam pembelajaran tersebut ada keseruannya. Sangat menghambat proses KBM. suasana hati siswa yang baik dan keadaan yang kondusif akan lebih baik, dan menunjang KBM.    

0 comments:

Post a Comment

=== Diperbolehkan berkomentar asal tidak menyangkut SARA (Suku, Agama, Ras, Golongan) dan harus sesuai dengan tata krama ===


Ttd
Admin