Halo Sobat ! | Members area : Register | Sign in

Roy Tanck's Flickr Widget requires Flash Player 9 or better.

Sunday, April 7, 2013

Kebersihan

         
      Di zaman yang sudah modern dan dikelilingi oleh IPTEK, siapa sih yang gak kenal dan kagak ngerti kata “kebersihan”. Apa sih bedanya bersih dengan kebersihan ? ya jawabannya simple aja, gak usah mikir susah – susah. Kata “bersih” itu adalah kata dasarnya, sedangkan “kebersihan” diambil dari kata dassar terus ditambahin awalan ke- dan akhiran –an. Yah…kalau gitu aja anak SD juga tau ya…hehe. Lalu kebersihan tw apa sih ?kebersihan itu adalah keadaan dimana sesuatu itu bebas dari kotoran. Nah, kotoran sender bisa saja sampah, ddebu atau bau.
                Seiring dengan perkembangan zaman, kebersihan itu menjadi banyak ssekali jenisnya. Contohnya kebersihan lingkungan, kebersihan kelas, kebersihan tubuh kita, sampai kebersihan hati pun juga ada. Nah,kali ini saya akan membahas tentang beberapa cabang atau jenis dari kebersihan. Yuk Cekidot !!!!!!

  • Kebersihan Lingkungan
Apasih oentingnya dari kebersihan lingkungan ? lingkungan yang biasa kita tempati adalah tempat dimana kita beraktivitas dengan berbagai kegiatan. Contohnya lingkungan sekolah, lingkungan rumah, lingkungan kerja,atau lingkungan masyarakat. Lingkungan yang kebersihannya kurang akan menghambat kegiatan kita. Misalnya apablia di lingkungan kita terdapat banyak sampah, maka lama kelamaan sampah tersebut akan menimbulkan bau yang tidak sedap dan menimbulkan sarang penyakit. Karena virus dan bakteri akan berkembang di tempat – tempat yang kotor, oleh karena itu kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab kita bersama.saat ini pemerintah tengah gencar – gencarnya memberikan penghargaan kepada setiap usaha yang kita lakukan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan. Pernahkah Anda mendengar Sekolah Adiwiyata Mandiri ? yups, program adiwiyata adalah salah satu program Kementrian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Adiwiyata sendiri memiliki arti tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita dan menuju kepada cita – cita pembangunan berkelanjutan. Penghargaan Adiwiyata terbagi dalam berbagai kategori yaitu Sekolah Adiwiyata Mandiri, Sekolah Adiwiyata, dan Sekolah Calon Adiwiyata.sedangkan Adiwiyata Mandiri merupakan tingkat tertinggi dari penghargaan Adiwiyata. Adiwiyata Mandiri diberikan kepada sekolah – sekolah yang mampu mempertahankan gelar Sekolah Adiwiyata selama 3 tahun berturut – turut. Salah satu sekolah yang menerima penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri adalah SMA kita tercinta yaitu SMAN  1 GEGER. Berarti SMAN 1  GEGER telah mampu mempertahankan lingkungan hidup donk ? Ya tentu lah, dengan adanya DIESNATALIS yang ke-34 ini akan menandai bahwa sudah 34 tahun SMAN 1 GEGER sudah melayani masyarakat dalam bidang Pendidikan dan selama itu pula SMAN 1 GEGER telah mencetak generasi yang berwawasan luas serta sukses di segala bidang.
Dimulai dari kebersihan lingkungan kita sendiri, maka lingkungan yang lainnya akan ikut bersih. Oleh karena itu, jagalah lingkungan kita untuk masa depan nanti. 


  • Kebersihan Tubuh
Pada saat pertama kali manusia dilahirkan, kebersihan yang pertama kali kita pelajari adalah kebersihan tubuh kita sendiri. Kebersihan tubuh termasuk kedalam kebersihan primer. Tubuh yang bersih akan membuat kulit kita tetap sehat, mulus, dan terbebas dari penyakit kulit. Meskipun begitu, jangan sampai kita terlalu berlebih – lebihan dalam menjaga tubuh kita karena akan mengganggu aktivitas. Misalnya kita mandi sehari 50 kali, lalu apa yang terjadi ? piker saja sendiri ya, hahaha…….
Cara yang termudah dan tersimple dalam menjaga kebersihan tubuh kita adalah mandi. Mandi itu penting bagi setiap orang bukan hanya orang hidup saja bahkan orang yang meninggal pun perlu dimandikan agar suci tubuhnya. Makanya ada pepatah “Mandilah Sebelum Dimandikan”. Selain mandi kita harus menjaga kebersihan gigi, telinga, hidung, tangan, kaki, dan sebagainya. Oleh karena itu kebersihan tubuh itu harus selalu kita jaga dimanapun dan kapanpun.


  • Kebersihan Hati
Kebersihan hati ? apaan tuh ? kebersihan hati merupakan kebersihan yang paling sulit diterapkan kepada setiap orang karena kebersihan hati hanya akan dimiliki oleh orang – orang yang hatinya dengan Sang Pencipta. Hati seseorang sangat menentukan perilaku dalam kehidupan. Orang yang hatinya bersih dari segala keburukan, maka perbuatan orang tersebut pasti juga akan baik, sebaliknya orang yang hatinya kotor, maka perbuatan orang tersebut tidak akan jauh dari perbuatan tercela.orang yang hatinya bersih Insya Allah akan terhindar dari perbuatan yang buruk seperti gibah, riya’, dengki, hasud, sombong, dll. Cara yang dilakukan agar hati tetap terjaga kebersihannya adalah dengan selalu bertawakal kepada Sang Pencipta, menghindari sifat – sifat tercela, bergaul denga orang yang sholeh dan rajin bersodaqoh. Oleh karena itu, Jagalah Selalu Hatimu.



2 comments:

  1. wooww,,
    model.e sungguh tak biasa..

    ReplyDelete
  2. modelnya memang sungguh mempunyai bakat dan talenta...
    memang sangat cocok..!!

    ReplyDelete

=== Diperbolehkan berkomentar asal tidak menyangkut SARA (Suku, Agama, Ras, Golongan) dan harus sesuai dengan tata krama ===


Ttd
Admin